#30DayMusicChallenge Day 04 : A Song That Makes Me Sad

*KE666ALAVVAN*

memasuki hari ke empat ini berarti sudah saatnya membahas lagu2 yang bikin saya sedih dan galavv. seperti yang kalian sudah tau (entah juga tau atau nggak) bahwa postingan blog saya circa 2012-2013 meskipun dibalut dengan majas2 renyah dan metafora yang kriuk2 (semacam ayam goreng) mayoritas bernuansa kesedihan dan kegalavvan. entah itu kegalavvan karena masalah2 hidup, ekonomi, keluarga, pertemanan atau lawan jenis *OHOK* **batuk darah**. saya itu tipe orang yang kalo misalnya ada masalah gak langsung disebar2 macam selebaran kredit motor di lampu merah atau di angkot2 tapi lebih sering memendam semuanya sendiri, ngedengerin lagu2 galavv dan sok2an nyocok2in sama situasi yg saya alami (kalian juga gitu kan?) dan baru curhat ke orang kalau masalahnya udah beres. jadi gunanya curhat buat apa? ya buat bahan obrolan dan pembelajaran aja karena semuanya udah terjadi dan gak bisa digimana2in lagi. ibarat nasi udh menjadi bubur tinggal tambah kecap ayam kerupuk lalu kita makan aja. awas buburnya jangan sampe tumpah aja sih. ntar ambyar. seambyar lagu2 yang bakal saya kasih di bawah ini buat kalian. yang lagi galavv mamam nih kesedihan yang terpampang nyata. mampus kalian dikoyak2 gundah! *dibakar warga*

menurut saya, yang membuat sebuah lagu jadi bisa menyayat2 hati pendengarnya bukan cuma dari liriknya aja. aransemen musik dan juga pembawaan vokalis (kalau lagu bervokal) juga mempengaruhi seberapa besar lagu ini bisa mempengaruhi psikis kalian. kondisi kita saat ngedengerin lagu juga berpengaruh sih. kalo kita lagi happy2 aja terus ngedengerin lagu galau kayaknya gak akan apa2 alias biasa aja. tapi kalo misalnya baru putus, ditinggalin gebetan karena milih yang laen, dianggap temen doang, ditolak pas nembaque dll sudah barang tentu kalian bakal luluh lantak diterjang badai kegelisahan dan kelemahan hati yang hakiki *ngomong naon sih dip*.

berikut ini beberapa lagu yang menurut saya meskipun saya lagi biasa aja, masih bisa bikin saya ngerasa sedih dan terlarut dalam kesyahduan tembangnya (tali kali tembang…)

1. Efek Rumah Kaca (Lagu Kesepian, Jatuh Cinta Itu Biasa Aja, Sebelah Mata)

ada jenis kesedihan tersendiri saat mendengarkan lagu2 diatas. bukan sekedar kesedihan yang bisa digambarin cuma dengan lagu2 Armada, Dmasiv atau Repvblik (and i’m sorry for not being sorry to say this) tapi sejenis perasaan yang berupa akar, esensi, saripati dari percabangan hal2 yang sedang saya rasakan. saya juga sebetulnya agak kurang sadar barusan nulis apa. tapi pokoknya kesedihan yang tergambarkan bukan sedih menye2. tapi macam sedih kalo misalnya sadar kalau hidup kalian buat orang lain sebetulnya gak penting2 amat. ya misalnya kayak gitu.

oh dimana terang yang kau janjikan
aku kesepian
dimana tenang yang kau janjikan
aku kesepian
dimana menang yang kau janjikan
aku kesepian
sepi…

2. James Morrison – The Pieces Don’t Fit Anymore

buat kalian yang baru putus saya sarankan dengerin lagu ini dan resapi kata demi kata dalam liriknya. biar apa? biar modar sekalian hahahaha😆 bukan ngelebih2in, tapi emang dari lirik, aransemen dan suara vokal di lagu ini memang total dalam mengambyarkan mereka2 yang gak punya pilihan selain mendengarkan lagu ini sembari membayangkan hubungan mereka yang udah gak bisa diselamatkan lagi hahahahaha *disambit warga kampung sebelah*

It’s time to surrender, it’s been too long pretending
There’s no use in trying, when the pieces don’t fit anymore

3. Ballad Kpop

meskipun most of the time saya cuma ngerti arti sepatah dua patah kata yang penyanyi2 korea nyanyiin, tapi tetep dari vokal dan musiknya bisa bikin saya ambyar dan hancur berkeping2. banyak banget ballad kpop kesedihan (?) yang saya dengerin dan susah juga milih mana yang paling bikin sedih. tapi yang bikin saya terkesan sih ini. asli men pas bagian masuk reff dan suaranya melengking tuh ibarat hati saya dibetot (?) dibingkengkeun (?) lalu dipotongkeun dan diawur2keun (???) menjadi makanan kucing.

udah ah 3 aja. takutnya kalian makin ambyar terus galau beneran dan mempengaruhi performa kehidupan kalian (?) maafkan pada kesempatan kali ini saya nulisnya agak lebay (sebetulnya ngga juga sih) tapi bahas lagu2 galau emang bikin semangat😆

ingin share lagu2 yang bikin kalian galau? silakan tulis di kolom komen ya. selamat berambyar ria😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s