Alasan-Alasan Yang Bikin Orang Jadi Jarang Ngeblog Lagi

maafkan gambar yang tidak sesuai dengan judul ya. da aku mah apa atuh :(

maafkan gambar yang tidak sesuai dengan judul ya. da aku mah apa atuh😦

Hae guys~

begitu menyambangi halaman wordpress ini, ternyata sudah penuh dengan debu, sarang laba-laba, kerdus dan koran bekas tidur gembel dan juga botol-botol seperti miras, vaselin, baygon, kamper dan lain-lain yang mengindikasikan telah terjadi pesta oplosan disini. sejujurnya, bukan maksud hati membuat blog yang sudah menemani suka duka dan tempat menuangkan segala keluh kesah dan kegejean menjadi terbengkalai seperti ini. namun kalimat barusan sebetulnya apabila dilihat dari perspektif lain, bisa saja berubah menjadi semacam tai banteng. seperti semacam pembenaran terhadap suatu kesalahan *aciaa ciaa ciaa*. namanya juga manusia, paling pinter cari-cari alasan dan tidak terkecuali saya. nah, alasan-alasan apa sih yg suka dipakai orang kalo ditanya,”kenapa sih sekarang jadi jarang ngeblog?”

1. Sibuk

tae lah. alasan ini udah semacam tukang seblak di bandung, atau cabe-cabean di sore hari. ada dimana-mana dan banyak banget. kamu-kamu juga pasti sering pakai alasan ini kan? mungkin karena kesibukan akademik lah, kesibukan kerja lah, kesibukan percintaan mblo-mblo yang tidak kunjung kelar lah dan sebagai sebagainya. karena seharian fisik dan mental dipakai untuk kesibukan hingga akhirnya sulit mengalokasikan waktu untuk nulis blog yang mungkin bagi mayoritas kalian hanyalah kegiatan sampingan. tapi kadang-kadang meskipun kalian gak ada kerjaan pun suka pakai alibi sibuk kan? ngaku aja lah kamu kisanak. di tangan saya sudah ada cemeti Ama Rasuli dan juga di sebelah saya sudah ada sembara sama basir, pendekar dari misteri gunung merapi (((FARIDA PASHA)))

2. Lupa Password

ini semacam tae juga sih tapi kalau yang ini rada bisa dimaklumi lah. karena mungkin kamu-kamu yang merasa pengen lebih secure akhirnya pakai macam-macam password berbeda buat akun-akun kalian di dunia maya. seiring waktu, social platform semakin berkembang, maka makin banyak pula akun yang kalian miliki. biar kekinian sih kalo kata anak-anak gaul jaman sekarang. bukan tidak mungkin atau bahkan sangat mungkin sekali kalau kalian kelupaan password salah satu akun yang udah jarang kalian buka. misalnya ya blog kalian yang sudah usang dan rayut dimakan usia itu. jahat ya kalian? hiiii~

3. Udah Bahagia

nyang ini tae beudh dah.

saya pribadi memutuskan buat bikin akun dan aktif ngeblog sejak 2011-2012an dan tujuan utama dari pembuatan blog serta publikasi tulisan adalah pelampiasan galau. iya cuy galau cuuuuyyy. gapapa lah dulu mungkin masih musim. saya di masa itu sangat-sangat penuh dengan inspirasi entah buat menulis puisi, prosa, atau tulisan-tulisan geje tentang hal-hal sekitar atau tentang self-deprecating yang sangat-sangat gak jelas. tapi seiring waktu dengan bertambah kedewasaan, kecerdasan emosional dan juga kecerdasan pikiran *yaelah gayalo selangit* kegalauan-kegalauan yang dulu seakan merenggut jiwa sekarang jadi semacam “ah elah yg beginian ngapain dipikirin” dan kemudian melanjutkan mengerjakan hal-hal yang lebih produktif. cari pacar misalnya *UHUK UHUK* *batuk darah*. ngga itu doang lah ya maksudnya juga mungkin lebih fokus ke kerjaan ato kuliah gitu.

entah sugesti ato gimana, tapi saya ngerasa lebih penuh dengan ide-ide disaat saya lagi galau. iya, ini gak sehat. pacar saya juga bilang kayak gitu. malah sampe bilang “yaudah kamu ga usah nulis lagi kalo gitu :(“. yaelah masa sampe kaga nulis-nulis lagi. tapi sayangnya, jumlah draft di post wordpress saya berbanding lurus dengan taraf kebahagiaan. semakin bahagia, makin banyak draft. draft disini maksudnya tulisan-tulisan yang setelah saya review ulang ternyata dari segi kualitas dan segala macemnya jelek banget sampe pengen rasanya postingannya dibakar sampe jadi butiran debu dan menjadi inspirasi lagu hits indonesia. ah sampah lah pokona mah.

sedih sih. sedih karena susah ngilangin sugesti ini. tapi masa cuma bisa sedih doang? ya nggak lah. salah satu upaya saya sekarang yaitu dengan ngepost postingan ini. saya terus mencoba buat tetap terinspirasi meskipun sedang bahagia *cie yang lagi bahagiaaaaa* *dibakar*. entah dengan lebih banyak baca, lebih banyak ngeliat karya-karya orang lain, ngeliat kerja keras orang lain biar saya sendiri termotivasi gitu.

tuh kan ah jadi kepanjangan nulisnya. pokoknya gitu deh ya. intinya kamu-kamu semua jangan pada klise deh kalo lagi gak aktif nulis blog. pake apa kek alasannya. pergi ke planet namec buat ngumpulin dragon ball, ke barat mencari kitab suci, bertarung lawan naga indosiar ato pake alasan apa lah pokoknya ya. yang kreatif!

 

6 comments

  1. Intan Rasyid · September 17, 2014

    sibuk sih iya. tapi saya sibuk main game. hahahaa

    jadi saya mungkin setuju alasan ketiga. bukannya dulunya gak bahagia. bahagia juga. cuma kayak kamu sebutkan, sekarang kita udah lebih dewasa sehingga gak semua hal kita galaukan makanya hal itu jadi sepele dan tidak kita umbar di blog.

    nah… sebenarnya kadang saya mikir juga, kenapa ya saya nulisnya gak selancar dulu lagi. kini saya temukan jawabannya.

    soal kaitan antara galau dan inspirasi nulis saya juga ngalamin. makanya, galau bikin produktif. hahahaha

    • Diffa Imajid · September 17, 2014

      kita sama-sama sibuk maen game kak *tos* seneng maen game apa emangnya?😀

      aslinya kak kalau lagi galau mah apa aja bisa jadi inspirasi. terus mungkin kalau yang asalnya jomblo terus punya pacar tapi masih nulis yang galau-galau gitu kan ntar bikin hubungan rada ga enak juga meskipun sebenernya bukan bermaksud begitu.

      tapi buat saya yg sering dapet inspirasi dari galau agak susah jg sih ngambil sumber inspirasi selain itu😆

  2. elfarizi · September 20, 2014

    Saya tersinggung, saya tersinggung, memang bener apa adanya saya jarang ngeblog karna sibuk. Sibuk mikir mau nulis apa ya di blog biar gak terlalu sampah hahaha.

    • Diffa Imajid · September 22, 2014

      saya juga sehari-harinya seperti itu. sibuk mikir mau nulis apaan lagi coba di blog😆

  3. Milta Muthia · December 31, 2014

    saya sendiri sih yang sering disebut para penulis : writer’s block. jadi seringnya ekspektasi tinggi buat nulis karena banyak ide buat nulis, karena tidak menemukan cara yang tepat menuliskannya, bosan dengan penulisan itu-itu aja, akhirnya menunda ditulis, dan akhirnya sama sekali ngga ditulis. atau juga apa yang tertulis tidak cukup mewakili sehebat apa isi di kepala, jadinya nulisnya yang “ringan” aja, misal abis ngapain, abis nonto apa, abis ketemu siapa etc. padahal yang sebetulnya ingin dituliskan bukan itu. sepertinya itu alasan saya ngga ngeblog yang terlewat dari jangkauan kamu Dif!

    have a great year ahead btw🙂

    • Diffa Imajid · January 2, 2015

      that…is….exactly….
      right ._.
      iya nih ga kepikiran. ada sih di otak tentang writers block gitu cuman ya mungkin saat nulis ini cenderung lebih sering ngalamin hal-hal yang ditulis :))

      ah yes, you too. have a wonderful year😀

Leave a Reply

