Musashi oleh Eiji Yoshikawa

guys, saya kangen kalian guys…

aslinya udah lama banget gak nulis blog. pas didatengin ternyata udah penuh sama sarang-laba-laba dan penuh juga sama sarang penyamun (?) sesuai prediksi, setelah sekian lama ga nulis pasti bakal bingung tentang apa yang mau ditulis. tapi untungnya saya punya “kerang ajaib” yang bisa saya tanya soal postingan blog kalo lagi mentok. ternyata saya disuruh ngerekomendasiin buku. dia udah paling ngerti kalo saya ini jarang baca buku (-_-“)

kali ini saya mau ngerekomendasiin novel karangan Eiji Yoshikawa yang berjudul Musashi. mungkin sebagian dari kalian udah pada tau atau mungkin udah pernah baca novel yang tebelnya bujubuneng ini. tapi buat kalian yang belom pernah baca atau belom tau bakal saya jelasin. novel tentang apa sih Musashi ini?

novel Musashi ini adalah sebuah cerita fiksi tentang Miyamoto Musashi yang konon katanya adalah samurai paling edan eling di tanah jepang pada jamannya yaitu jaman setelah perang sekigahara. novel ini nyeritain bagaimana kehidupan Musashi mulai dari saat dia dan sahabatnya ikut perang sekigahara jadi tentara kecil, sampai jadi seorang ahli pedang dan memiliki rival yaitu Sasaki Kojiro.  Musashi mulai terkenal di seluruh negeri setelah bertarung melawan samurai-samurai hebat di jepang dalam rangka pencarian ilmu pedang terhebat dan yang paling penting adalah, jati diri. di novel ini juga disebutin bahwa Musashi-lah yang pertama kali mengenalkan teknik pedang samurai menggunakan 2 pedang yaitu Katana (pedang panjang) dan Wakizashi (pedang pendek) secara bersamaan dimana pada waktu itu belum pernah ada yang menggunakannya.

Musashi ini juga sudah diadaptasi jadi komik oleh mangaka Takehiko Inoue yang juga bikin serial Slam Dunk. dari novel dan komik memang ada perbedaan nama-nama tokoh dan alur cerita tapi tidak sampai merubah intisari ceritanya. kalo kalian pengen lebih jelas ngeliat aksi Miyamoto Musashi menebas lawan-lawannya saya sarankan baca komiknya juga. artworknya halus banget dan penggambaran momen-momen pertarungannya juga keren.

kenapa kalian harus baca buku ini? karena buat saya pribadi, faktor utama yang bikin buku ini menarik bukan tentang adu pedangnya (meskipun itu juga bagus. bagus banget malah.) tapi tentang pencarian jati diri musashi dari seorang yang haus darah dan hanya peduli tentang pengakuan seluruh dunia bahwa dialah samurai paling hebat di negeri ini sampai menjadi seseorang yang sangat bijaksana dan mengerti tentang pribadinya, tujuan hidupnya, makna dari segala apa yang terjadi pada dirinya sampai menuju pencerahan tertinggi baik dari segi ilmu pedang maupun filsafat hidup. menjelaskan tentang apa yang sesungguhnya paling berarti di hidup ini selain kejayaan.

buku ini bikin saya jadi mikir tentang banyak hal. misalnya aja tentang bagaimana kita itu gak boleh membiarkan ambisi menutupi pandangan kita terhadap dunia sekitar. sangat disayangkan kalo ternyata ambisi yang selama ini diusahakan dan dikejar dengan susah payah ternyata hanya suatu hal yang kecil dibandingkan dengan apa yang seharusnya jadi fokus dalam hidup kita. saya sangat bisa relate development tokohnya dengan kehidupan sehari-hari. bukan dalam arti bahwa saya setiap hari nantangin orang buat adu pedang, tapi tentang apa yang seharusnya saya kejar dalam hidup dan bagaimana kegiatan-kegiatan yang saya lakukan berkesinambungan dengan tujuan hidup yang hakiki itu.

akhir kata, novel ini menurut saya sangat bagus. karena selain dari segi story yang keren dan bikin penasaran, hikmah dibalik ceritanya juga gak kalah penting.

jangan lupa baca komiknya juga ya. judulnya Vagabond karya Takehiko Inoue😀

2 comments

  1. Masya · June 16, 2014

    wah,, dah pernah denger tapi belom pernah baca.. cari ah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s