Panggung Sandiwara Roekmana. Album Karya @tigapagi

“Ku hanya mampu bertumpu dan berharap pada tangan hampa dan kaki telanjang.
Mungkin hancur ragaku namun tanpa buta hati”

jadi ceritanya bulan kemarin atau awal bulan ini (lupa) saya beli album perdananya Tigapagi yang berjudul Roekmana’s Repertoire. ini adalah album musik indie pertama yang saya beli. yay! kenapa saya beli album ini? pertama, karena saya suka musik mereka. pertama denger itu adalah lagunya Sorrow Sound. nuansa kacapi suling ala musik tradisional sundanya kerasa banget padahal mereka gak pake kecapi suling (?) kemudian tahu lagu mereka yang lain lagi, Menari. itu lagu mereka buat kompetisi LA Indiefest. nuansa lagu sundaan dan pesan yang mereka sampaikan lewat lirik lagunya bikin saya jatuh hati *cieeee*. kali ini saya mau memperlihatkan apa aja yang bisa kalian dapetin kalo beli album barunya tigapagi. check this out~

tampak depan

tampak depan

tampak belakang

tampak belakang

tampak depannya ada tulisan TIGAPAGI dan foto lampu yang ada diatas lemari. yang ada di pikiran saya adalah keadaan dalam foto itu mungkin sedang pukul tiga pagi. ini cuma kemungkinan semata. tidak usah dianggap terlalu serius lah. kalo mau serius ayo kita ke pelaminan saja *aciiaaaciiaaaaa* kalo tampak belakangnya terdapat tulisan ROEKMANA’S REPERTOIRE.  repertoire itu kalo saya liat di google translate artinya acara sandiwara. panggung sandiwara mungkin maksudnya ya. tapi saya sendiri belum tahu apa makna dari nama album mereka ini.

daleman

daleman

ucapan terima kasih

ucapan terima kasih

foto-foto

foto-foto

di dalem packagenya ada CD *yaiyalah*, ucapan terima kasih yang berupa buku kecil tipis, terus kertas besar yang isinya lirik lagu sama durasi lagu. oh iya, begitu saya play di komputer, lagunya bukan berupa kumpulan track tapi disatukan jadi satu track panjang yang antar lagunya juga seakan gak ada jedanya. konsepnya keren sih. tapi saya jadi agak repot buat ngesplit tiap tracknya😆 terus ada kertas bergambar meja makan & bungkusan berisi foto-foto para personil dengan settingan tempo dulu. unik sih kalo menurut saya.

lagu-lagu di albumnya sendiri gak sepenuhnya baru. semacam tangan hampa kaki telanjang, batu tua, heufken dan beberapa lagu lama terdapat di album ini. semuanya diaransemen ulang. yang paling terdengar perbedaannya itu lagu Sorrow Haunts yang asalnya dari Sorrow Sounds tapi dengan tempo yang lebih lambat dan nuansa yang lebih…apa ya? saya ngerasa agak mistis pas ngedengerinnya *JENG JENG*. lagu-lagu yang lain seperti Erika & Alang-alang terasa menyenangkan untuk didengar, meskipun liriknya tidak semenyenangkan yang saya duga😆 kalo secara umum, first half of the album punya nuansa yang menyenangkan. setengah menuju akhir lebih kepada lagu-lagu yang cocok untuk menemani perenungan-perenungan kalian *apalah ini*. buat kalian yang suka dengan musik indie dan musik etnik sunda, kalian wajib dengerin lagu-lagu di album ini. recommended! saya jadi pengen banget liat mereka manggung secara live😀

udah ah. cape nulis panjang-panjang. kalo kalian terakhir kali mendengarkan album lagu siapa & yang mana?

6 comments

  1. fasyaulia · November 21, 2013

    Iya kata temen juga tigapagi bagus cenah. Nanti cek cek yutup ah siapa tau ada.

    • Diffa Imajid · November 21, 2013

      sok atuh. kalo seneng nuansa sundaan namun sarat makna mah wajib diicip😀

  2. Milta Muthia · December 31, 2013

    kumpulan beberapa lagu dalam satu track namanya medley bukan? Jadi kalau dulu dibuatnya dalam kaset rekaman berpita, sehingga disebut mixtape. Merekam beberapa lagu kesukaan dari radio atau kaset asli, lalu disatukan dalam sebuah kaset. Diberi tanda garis untuk mengetahui batas tiap lagu. Kalau ingin putar lagu favorit yang sudah terlewat, putar kembali pakai pensil/bolpoint/sumpit. Entah apakah kamu termasuk generasi yang pernah membuat mixtape atau bukan.🙂

    saya suka Tigapagi, terfikir sekali untuk membeli albumnya.. Terima kasih Diffa.🙂

    • Diffa Imajid · December 31, 2013

      saya kejamanan sih kalo kaset. dulu ngedengerin koleksi musik heavy metal punya bapak & om semacam van halen, dream theater, helloween, pantera dll. tapi kalo mixtape ga kealamin😆

      silakan beli. sangat saya rekomendasikan😀

  3. masdendy · January 9, 2014

    Baru dengerin Alang-alang. Tangan Hampa dan Kaki Telanjang, dan Batu Tua. Tapi cukup untuk bilang mereka lagu-lagu mereka keren! Dan sekarang masih menunggu Kurir JNE nganterin album ini kedepan rumah🙂

    • Diffa Imajid · January 9, 2014

      rekomendasi saya silahkan dengarkan Sorrow Haunts & Erika. memang keren mereka😀

Leave a Reply

