Apakah Ada

“apakah ada sesuatu yang lebih dari sebuah kata “maaf” yang bisa mewakili segala penyesalan atas semua kesalahan yang telah kuperbuat dan hal-hal yang tidak sempat aku perbuat? karena kupikir, manusia di jaman ini terlalu mudah mengucapkannya bahkan saat tidak melakukan kesalahan apapun. sebuah maaf yang awalnya adalah sebuah pengakuan atas ketidak mampuan seseorang dalam menjaga apa yang seharusnya ia jaga misalnya kata-kata atau perbuatan, kini tidak lebih dari sebuah rangkaian huruf yang tidak bisa dibilang banyak jumlahnya.

Diantara berjuta-juta maaf yang bertebaran di muka bumi ini, permintaan maaf dariku adalah salah satu dari secuil pengakuan yang langka. tapi sepertinya tak ada yang mau percaya karena terlalu banyak hal serupa yang tidak sedikit didalamnya tidak memiliki arti sama sekali. hanya gema suara, dibawa udara lalu sampai ke telinga dan dicerna otak. tidak sampai ke hati. membuatku sulit untuk mengungkapkan apa yang kurasa tanpa menghilangkan esensinya.

hal lainnya yang sering kupikirkan adalah tentang keberadaan suatu hal yang melebihi kata “rindu”. dengan mengucapkannya saja, aku tidak yakin kau bisa percaya atau bahkan merasakan apa yang kurasa. memang, kata-kata hanyalah sebuah alat bantu untuk mendeskripsikan hal-hal yang definisinya sudah diketahui orang banyak. namun inti dari sebuah maksud menurutku tak pernah tersampaikan.

Maksudku, apa kau pernah merasakan sesuatu saat aku bilang bahwa aku selalu membayangkan saat jemariku membelai rambut yang menutupi dahi dan menghalangi pandanganmu? atau tentang bagaimana aku membayangkanmu saat menceritakan kisah asmara rekan-rekan kerjamu yang mau tak mau harus kau dengarkan? atau bahkan hal-hal kecil seperti saat kau tertawa kecil pada lelucon yang kubuat & menanyakan apakah aku sudah sampai di rumah atau belum saat pulang dari rumahmu? aku tidak yakin.”

“….kau terlalu banyak bicara”

“…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s