I’m in Love With Tower Defense Games

saya biasanya naro tower dengan splash damage/slow debuff di depan. dibelakangnya menyusul tower singular high damage & rapid fire, kemudian saya taro tower blocker di area seberangnya atau dibelakang tower-tower dan ngeset rally point dari blocker unit ke tengah-tengah range tembak semua tower terdekat. then, i’ll just silently watch the magic happen. kira-kira ada yang ngerti saya ngomong apaan barusan? tolong kasi tau saya soalnya saya sendiri juga gak ngerti ._.

pertama kali saya maen game bergenre tower defense ini mungkin sekitar 3-4 tahun yang lalu dalam bentuk game flash. dulu waktu STM, di workshop (gedung praktek jurusan.) pas lagi gak ada guru atau lagi senggang gitu, kita kadang-kadang pake komputernya buat maen game (adik-adik jangan ditiru yah~) gamenya pun bukan game-game canggih karena terbatas oleh spesifikasi komputernya. cuma game-game dengan ukuran kecil saja. pas saya ngubek-ngubek folder yang isinya game kecil-kecil itu dan nyobain semuanya, ada satu game yang sangat berkesan buat saya.

cara maennya cuma naro objek semacam senjata tembak otomatis di jalur yang udah disediakan. kemudian muncul musuh yang datang dengan cara bergerombol berjalan menuju tujuan akhir dari jalur yang tadi. kemudian senjata-senjata yang sudah saya taruh tadi menembaki mereka secara otomatis. kedengarannya membosankan ya? memang begitu. sampai ketika musuh yang datang semakin besar dan kuat sampai-sampi pertahanan saya tertembus. satu-satunya cara agar saya bisa menang hanyalah dengan memposisikan senjata dengan benar, mengupgradenya menjadi lebih kuat, dan membuat lebih banyak lagi senjata. begitu terus sampai musuhnya habis. i don’t know why, but i kinda addicted to it. saya gak bisa berhenti main!

butuh pemahaman dan strategi tersendiri buat memainkan genre tower defense. seperti menempatkan splash damage di depan supaya serangannya makin terasa oleh semua unit musuh, menempatkan slow & poison damage setelahnya supaya tower rapid fire & high damage bisa menghancurkan musuh dengan efisien. secara garis besar begitu. tapi setelah menjajal berbagai macam game sejenis ternyata banyak variasi seperti tower slower kadang diganti dengan tower blocker atau juga tower-tower tipe hybrid (gabungan) yang kekuatannya bisa jadi penentu kemenangan.

saya pribadi sebetulnya gak terlalu suka dengan game strategi pada umumnya. tapi, untuk tower defense yang merupakan sub-genre dari strategi, akan saya bikin pengecualian.😆

saat ini saya sedang main kingdom rush, kingdom rush frontier, zombie war & castle TD di handphone saya. kalo di PC dulu pernah main gemcraft, gemcraft labyrinth,protector, dll. kalo kalian pemula dan mau menjajal tower defense, bisa coba Plants Vs Zombies (ya, itu game tower defense) atau kingdom rush dulu. selamat bermain!

*i feel like spouting some nonsense here, tapi sekali-kali saya juga pengen nulis hal yang saya suka macam gini. sekali-kali gapapa kali ya :p*

2 comments

  1. arip · October 11, 2013

    Wah kalau saya mah lebih suka ke real time strateginya. Tapi emang tipe strategi saya defensif, paling suka kalau misi tentang mertahanin kota. Cuma maen Age of Empire aja.

    • Diffa Imajid · October 14, 2013

      saya malah gak bisa maen strategi. cuma bisa maen starcraft aja😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s