Kalau Sedang Mentok Nulis

aloha~

karena dari kemaren saya nulis puisi terus dan saya sedang mentok nulis sesuai dengan judul postingan ini (?), maka saya akan membahas tentang keadaan mentok nulis atau mentok apapun. saya juga bakal bahas beberapa cara yang biasa dilakukan orang kalo sedang dilanda kebuntuan inih *tsaaah*

mentok nulis sering terjadi pada orang yang sering nulis. yaiyalah kalo orang gak pernah nulis gimana mau mentok nulis…
ulangi. mentok nulis sering terjadi pada orang yang sering nulis. entah karena idenya sudah habis diperas dan dituangkan ke dalam media entah itu nyata ataupun tidak nyata (elektronik) atau karena sedang kepikiran hal-hal lain yang membuat porsi berpikir lebih tersalurkan ke masalah daripada nulis. kalo saya sendiri, mentok nulis biasanya karena emang lagi males *jangan dicontoh ya anak-anak*, bisa karena tema yang mau diangkat keburu bikin pikiran pusing sampe gak sempet nulis, atau karena ngerasa perbendaharaan kata dan pendefinisian masalah seputar situ-situ aja alias stagnan. kalo sudah begini, harus bagaimana ya menanggulanginya supaya bisa nulis dengan fresh dan penuh dengan ide-ide cemerlang?

AHA! *disini harusnya ada sound effect bell dan ilustrasi lampu bohlam. tapi karena saya lagi males jadi gak dicantumin. silakan bayangkan sendiri ya…*

ada beberapa cara yang biasa dilakukan saat mentok melanda. beberapa diantaranya yaitu :

1. identifikasi sumber mentok

untuk yang pertama ini saya rasa gampang-gampang susah. karena namanya orang mentok mah ya mentok aja gitu kan. tapi ada beberapa hal umum yang menjadi penyebab mentok. misalnya karena udah terlalu banyak nulis sampe gatau mau nulis apaan lagi, kurang inspirasi untuk tulisan selanjutnya, ngerasa bosen dengan kegiatan nulis, atau karena emang gak ada ide aja. kalo udah tau penyebabnya, penanggulangannya bisa lebih mudah sih. kayaknya…

2. istirahat

namanya udah jenuh & capek, obatnya gak ada lagi selain istirahat. baik itu cape fisik atau mental. bisa dengan beberapa cara relaksasi kayak tidur, dengerin musik yang tenang-tenang, minum teh/kopi anget di  beranda sambil bengong liatin ujan, pijat refleksi, atau pijat-pijat yang lain *eh*. atau bisa juga dengan cara rekreasi, ngelakuin hal-hal yang kamu gak pernah lakuin sebelumnya kayak jalan ke tempat asing, olahraga, atau sekedar gila-gilaan sama temen-temen bisa jadi pilihan.

3. perbanyak pasokan bahan baku menulis

sama seperti perut, otak & inspirasi yang kosong itu bisa dan harus diisi. bisa dengan bermacam-macam hal. misalnya dari literatur yang beredar di masyarakat. kalo kamu seneng nulis novel, banyak-banyakin baca novel entah itu novel baru atau novel lama kayak karya-karya jaman perjuangan juga bagus. kalo suka bersajak, bisa baca karya-karya orang lain yang tentunya bakal nambah ide untuk kamu nulis kedepannya. jangan lupa bekal KBBI untuk yang suka sajak ya…

4. surfing internet

kalo kamu sedang mentok menulis, bisa kunjungi situs blognya diffa imajid di imajiddiffa.wordpress.com dan klik postingan “Kalau Sedang Mentok Nulis”. niscaya segala kebimbanganmu akan segera hilang, nak. *sembur kopi*
bisa juga browsing tulisan-tulisan orang yang dipost secara online. jaman udah tjanggieh tjoy~

5. diskusi bareng teman

kalo kamu punya temen yang sehobi sama kamu, diskusi bisa jadi pilihan yang baik buat brainstorming bareng-bareng dan memecah kebuntuan menulisnya kamu. bahkan bisa aja bikin karya kolaborasi yang ntar jadi sesuatu yang baru buat kalian sendiri. saya juga ingin sih kayak gini. cuma temen saya (di dunia nyata) yang beneran seneng berpuisi cuma segelintir dan jarang bertemu pula. huhuhu *malah curhat*

nah, barusan adalah langkah-langkah yang bisa dilakuin kalo kamu lagi mentok nulis. saya pribadi sering dapet inspirasi dari lagu-lagu yang saya denger. kebetulan saya juga lagi mentok dengan perbendaharaan kata & pemilihan diksi nih.

kalo kalian sendiri, pas lagi mentok biasanya kalian ngapain supaya gak mentok lagi?

12 comments

  1. erdidik · June 26, 2013

    Bener nih si abang. Oke aku lakukan :))

  2. fasyaulia · June 27, 2013

    Kalau lagi mentok, tulisan nya masuk draft terus yauda dibiarin aja. Terus saya nyantai-nyantai indehoy sambil ngikutin apa kata kamu di atas itu.
    Nanti juga kalau tiba-tiba ada inspirasi, nulis nya lancar lagi. Ya gitu deh pokonya ya.

    • Diffa Imajid · June 27, 2013

      saya malah gak pernah nyimpen draft. kalo saya rasa jelek, mau udah panjang2 juga langsung dihapus ._.
      kebiasaan buruk sih…kayaknya saya harus biasain nyimpen draft. sapa tau kepake lagi ntarnya.
      eh makasih loh jadi keingetan gini😆

  3. lampumerah · July 2, 2013

    aku juga yang termasuk sering mentok… lebih karena kurangnya cakrawala berpikirku…
    terimakasih untuk ide dan gagasannya tentang mentok nulis ini ^___^
    salam kenal

  4. selfbeside · July 2, 2013

    seribet nulis skripsi ya

  5. Gina Gabrielle · July 12, 2013

    Kalau saya udah mentok biasanya bengong. Istirahat badan, istirahat otak, lalu tiba-tiba udah tidur (untung ga kesambet) *eh*

    Tapi poin yang menarik itu yg diskusi ama temen. Emang membantu banget sih, mengurai masalah. Terutama plothole. Plothole… *curcol*

    • Diffa Imajid · July 12, 2013

      kalo saya lagi mentok nulis biasanya nulis artikel kaya gini, diposting terus bikin yang pada mentok nulis jadi gak mentok nulis lagi kak #ribet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s