Pergi Tanpa Pesan ke Bandoengsche 2013

eh iya, jadi gini ceritanya…

mulanya diajakin temen buat dateng ke eventnya anak telkom yang bernama bandoengsche. kenapa namanya bandoengsche? wah saya lupa nanya kenapa. mungkin karena mengusung konsep bandung jaman kolonial, dimana noni dan meneer masih bertebaran dimana2 (semacam bedak ya bertebaran…). lokasi eventnya di daerah buahbatu yaitu di balai sartika. agak mikir juga begitu tau tempat gigsnya bagaikan berada di ujung dunia kalo dibandingin sama lokasi rumah saya (sekitar 1 jam lebih perjalanan). tapi setelah ngeliat para performer yang bakal ngisi acara ini, akhirnya saya membulatkan tekad yang asalnya bentuknya masih gak jelas buat dateng ke acara ini. dan ternyata…

ternyata belom beres ceritanya. singkat cerita, pas hari H saya, boris & opik pergi bareng ke lokasi. karena gak tau tepatnya dimana, pertama2 kita dateng ke buahbatu dulu baru nanya2 GPS (Guide Penduduk Setempat). akhirnya kami nyampe ke venue sekitar habis maghrib. kita cari masjid dulu terus menghadap Yang Maha Kuasa dulu (hasssek). terus nukerin tiket. gak ada kejadian yang spesial pas penukaran tiket karena teteh2 jaga tiketnya asa jutek gimana gitu (?) pas lagi jalan, kita diajakin foto sama cepot. karena saya bukan artis yang sombong terhadap fans, apalagi ternyata saya bukan artis, ya akhirnya kami foto bertiga. cuman pas salaman sama cepot, tangannya cepel (lengket) pisan. meni garila ih…

oh iya, sebelum masuk venue, kami cari makan dulu karena sepertinya gak lucu kalo perut kukurubukan didalem (venuenya di dalem gedung. ya iyalah ngarana ge di balai. eh naha urang ngomong sorangan?) setelah makan yang dimana saya ngutang sama boris sarebu perak, akhirnya kami masuk venue. pas masuk, kami langsung disuguhi penampilan dari penampil utama yang pertama…

Rusa Militan. namanya keren ya. saya cuma pernah denger dari anak2 gaul indie dan baca2 review musik aja. belom pernah denger dan liat mereka manggung atau bahkan dengerin lagunya. kesan pertama yang saya dapet pas liat mereka adalah, mereka konsisten dan keren ngebawain karya yang sesuai konsep & nama yang mereka usung. musik folk yang mengingatkan kita dengan scoring di film2 perang kolosal. saya membayangkan diri saya ada di tengah sepasukan suku indian yang sedang mempersiapkan peperangan mereka sambil menyanyikan lagu2 perang yang menambah semangat. pokonya mah keren lah mereka mah. yang bikin kerennya lagi adalah mereka nyebutin band keren 1 lagi yaitu Noavra (band temen saya tea). tapi sayang saya ga sempet liat temen2 saya tampil da gak tau jadwalnya. hahaha.

setelahnya ada SSSLOTHHH. band ini saya rasa aneh. bukan musiknya. tapi diantara semua performer yang tampil, band ini bisa dibilang gak nyambung. genrenya apa ya…kalo pernah denger musik hardcore, digabung dengan beberapa unsur sludge juga ditambah elemen2 post-rock yang dark & gloomy beserta scream si gitaris sama bassistnya, sangat2 beda sama band sebelumnya dan band setelahnya. yah pokonya aneh lah. tapi keren mereka, karena udah buat album. saya juga keren karena sudah bikin album juga. album foto tapinya…

dilanjut sama Navicula. band yang katanya udah pernah manggung di luar negri ini berasal dari Bali. mengusung musik grunge dengan lagu2 yang bertema sosial atau lingkungan bikin saya salut & respect sama mereka. lagu2 mereka macam Di Rimba, Orangutan, Harimau, Overkonsumsi dll bikin saya yang gak terlalu suka grunge ini juga ikut2an sok asik ngangguk2. padahal emang asik sih. juga, band ini saya rasa2 yang paling banyak jatah lagunya. bahkan mungkin lebih banyak dari performer puncak (Sore). dan yang kerennya lagi, muka vokalisnya mirip Iman J-Rocks. iya gak sih? iya…

Setelahnya ada L’alphalpha yang paling saya tungguin di acara ini. kalo kalian seneng musik semacam Sigurros, semacam aliran icelandic folk post-rock shoegaze whatsoever, band ini cuco buat kalian. dibuka dengan lagu About a Friend langsung bikin saya seneng banget karena baru sekarang kesampean nonton mereka secara live. tapi yang paling berkesan buat saya adalah pas mereka bawain Comet’s Tail. dalam hati saya berkata “IEU PAN LAGU GALAUNA AING!” sambil senyum saja. nggak, saya nggak galau. belom….anyway, pas di lagu ini saya di barisan depan liat satu cewek rambut pendek lucu bawa2 kamera dan ngeliatin ke arah saya terus. wah saya kan jadi kegeeran mbak. aduh mbak. aduh…..eh ternyata pas di parkiran motor dia pulang sama cowoknya. hahaha. haha. ha. h……

terakhir ada Sore. band  keren yang alirannya saya gak tau. agak vintage gimana gitu. yang paling saya nanti adalah lagu Apatis Ria, Pergi Tanpa Pesan, Setengah Lima dan apa lagi  ya? udah itu aja sih. DAN DIBAWAIN SEMUA DONG! apalagi pas bagian Apatis Ria & Pergi Tanpa Pesan, saya langsung garuk2 ubin lantai karena KE666UNDAHAN yang melanda dan KE666ALAVVAN yang menerpa. pokoknya mereka sangat keren malam itu.

untuk acaranya sendiri, kalo mau jujur dibilang, konsep sama venue gak terlalu keliatan hubungannya secara signifikan. sayang banget karena tema gigs kayak gini kalo kata saya bisa dikembangin lebih jauh lagi. sound lumayan enak meskipun ada aja beberapa kesalahan teknis di beberapa bagian, tapi untung masih bisa dihandle dengan baik. sayang banget karena meskipun venuenya bagus, pengunjung yang dateng gak lebih dari setengahnya. ada yang sampe bisa tidur2an divenue. kesannya malah semacam private event gitu. dan katanya lagi, band2 indie bandung banyak yang meniti karir musiknya diawali dari bandoengsche ini. misalnya aja A.F.F.E.N yang sekarang udah lumayan terkenal di bandung.  tapi kok sepi ya acaranya? padahal tempat udah bagus, bintang tamu keren2 dan tiketnya tergolong murah apalagi sampe bisa datengin navicula sama sore. tapi overall, saya nikmatin banget eventnya. mudah2an di event berikutnya kalo ada lagi, bisa lebih terkonsep dan bisa lebih konsisten ngikutinnya. KEREN!

kalo kalian, dari semua bintang tamu diatas yang udah saya bahas, apakah ada yang kalian suka?

2 comments

  1. fasyaulia · June 1, 2013

    Gigs begini di balai sartika bubat? Kaya kondangan yak hehehe. Mungkin kalau di sabuga lebih banyak peminatnya kali, mungkin..

    • Diffa Imajid · June 2, 2013

      bener. yakin sih kalo sabuga mah. soalnya kalo kemaren udh mah jauh, tempat gede tapi penonton dikit. padahal guestnya keren2 ._.

Leave a Reply

