#SCANDALJKT

ah mulai dari mana ya….

jadi gini ceritanya. berita kalo band Scandal mau manggung di indo ini  udah berhembus sejak akhir taun 2012 kemaren yang jadwal pastinya adalah 13 maret di Tennis Indoor Senayan. opkors sebagai fans mereka yang udah ngikutin perjalanan musik mereka dari jaman shoujo-s dan kebetulan saya belum pernah dateng ke konser apapun (kalo event2 sih sering…) momen ini sangat saya nanti2kan dan udah saya budgetin buat biaya segala macem bahkan dari saat video greeting mereka buat indonesia muncul di yutub. begitu liat kalender, wah ternyata hari rabu. hal yang pertama kelintas di pikiran adalah kenapa gak weekend? meskipun mau hari apapun saya pasti nyempetin pergi, tapi saya mikirin ttg nasib scandalous di luar pulau jawa karena mungkin perjalanan bakal nempuh waktu yg lebih lama. tapi yasudahlah karena sudah ditentukan jadwalnya, ya mau tidak mau. eh, maksudnya mau dan mau harus mau. ah pusing…

eh iya, sekilas ttg saya dan band ini, pertama liat band ini sekitar 2009an. waktu itu liat videoklipnya mereka yang shoujo-s di laptop temen. dimana disitu musik rock n roll dipadukan dengan wajah2 yg ayu tenan (menurut saya ya. soalnya saya lemah sama cewek2 oriental apalagi kalo gingsul. eh kok jadi ngomongin ini sih…) dan ditambah juga basah2an (disiram aer. eh maksudnya hujan boongan gitu) ternyata kombinasi ini sangat menggugah hati saya (widiih). akhirnya mulai disitu cari2 musik mereka yang lain dan overall, saya suka. easy listening dan jepang banget. suara vokal sang leader juga gak tipikal idol2 jepang yg sangat cempreng abis itu (meskipun suara bassistnya…ya gitulah). sampe sekaranglah saya disini dan masih jadi fans setia mereka. cieeeeee…

nah, saya niatnya cari barengan buat dateng kesana. soalnya ribet juga kalo pergi sendirian kalo gak tau medan (medan apa jakarta oy?) untungnya scandalous regional bandung juga lagi ngumpulin yang berangkat bareng dari bandung. dari beberapa gathering yang dilakukan keliatan banget banyak yg gelisah masalah jadwal hari, masalah tiket kebagian atau nggak juga masalah duit buat beli tiketnya. yah namanya manusia kadang2 tajir kaya tony stark kadang2 jadi gembel juga. syukur juga karena saya udah ngerencanain dari jauh hari, masalah biaya udah saya cover. masalah keberangkatan juga udah beres. tinggal nyiapin hati aja buat ketemu mereka. ahihihi…

skip ke hari H, kita berangkat nih 20 orang ke jakarta dengan tujuan tennis indoor senayan. di perjalanan gak ada hal yang terlalu menarik. selain karena bareng sama orang2 baru dan ga ada bahan ngobrol, saya juga orangnya kalo masuk ke kendaraan apapun langsung ketiduran. makanya males naik kendaraan umum. ya pada akhirnya, tidur terus dari bandung sampai jakarta. skip ke venue, wah nyampe juga nih. kita berangkat dari bandung jam 9an mungkin dan nyampe disana sekitar bada dzuhur. di stand penukaran tiket juga masih lengang dan ga ada antrian berarti. abis nuker tiket, kita langsung menyambangi gerombolan SIF (Scandal Indonesia Fans) yang udah nongkrong deket banner mereka. setelah ngobrol sama ketua dan wakilnya sebentar, kita gak ikut ngumpul. selain mungkin masih pada cape perjalanan juga pada lapar. akhirnya cari makan deh. oh iya, selain SIF juga ada anak2 Scandal Heaven yang nongkrong di depan gate masuk (mereka udah jaga spot dari siang padahal open gatenya jam 7 malem entar. bayangin coba…) dan anak2 kaskuscandal yang nongkrong di bawah pohon (?).

hari itu juga diadain musyawarah yg intinya nyelesaiin masalah antara SIF & Scandal Heaven yg saya sendiri juga gak tau masalahnya apa (serius gak tau dah) dan alhamdulillah udah diselesaiin (masalah yg aneh😄 ). nah sambil nunggu open gate, saya sama beberapa temen dan beberapa temen2 dari jakarta pada ke fx senayan dulu. selidik punya selidik ternyata ada yang penasaran pengen liat theater jkt48 (hadeuh…sama sih saya juga penasaran #eh). penasaran disini cuma pengen liat venuenya aja. gak sampe pengen liat shownya juga karena selain masih belum minat, katanya tiketnya juga susah didapet kecuali member resmi fansclub. bahkan ada yang pesen tiket sekarang untuk theater yang akan datang. ada kejadian ngenes juga, temen saya yang gak ngerti soal peridolan ini nekat ngajak foto ke member entah trainee jkt yg baru keluar dari theater. ya pada akhirnya bisa ditebak hasilnya kaya gimana. mana dia cuma pake kaos, celana pendek butut sama sendal jepit. serius, sendal jepit…

saksi kenistaan...

saksi kenistaan…

skip ke momen2 open gate, sialnya dapet ngantri di tengah2 karena anak2 fanbase udah jaga spot depan duluan. tapi mudah2an saya bisa menyusup ke daerah terdalam (?) ada insiden penyerobotan antrian juga yang menyebabkan antrian pada teriak ANTRI! ANTRI! ANTRI! tapi setelah 2 menit berselang teriakan itu berubah jadi MAMI! MAMI! MAMI! yang tadinya pada marah jadi pada ketawa. yah begitulah kalo sama otaku jarang rusuh. untung saya orang biasa2 aja. jadi mau rusuh juga boleh (?) akhirnya masuk venue dan UNTUNGNYA dapet spot ketiga dari depan di tengah. ini artinya saya bisa liat Haruna (lead vocal kesayangannya akkuuuhh :”>) secara lebih dekat dan jelas. nunggunya lama banget dah asli. sampe soundman masuk panggung juga diteriakan dan dielu2kan oleh semua (soundman kawaiii!!! soundman kakkoiii!!! soundman i love you!!!) saking pengen banget liat perform. setelah berdiri entah berapa lama sampe kaki saya pegel duluan karena gamau menyerahkan spot, pertunjukan pun dimulai…

dibuka sama band Mosca yang baru saya denger namanya (?) dan ngebukanya pake lagu paramore (ini band pembukanya malah lebih cadas. saya merasa salah konser) teriakan paling keras adalah saat mosca bawain scandal baby karena itu tandanya jatah mereka udah mau abis (aduh maap ea guys…) setelah selang mabelas duapulu menit, yang ditunggu2 pun muncul…

harunaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkk! >o<

kata2 pertama yang keluar dari mulut saya adalah “ANJ***, ITU HARUNA!” (maap agak kasar tapi ini lah yang benar2 saya ucapkan saat itu). di bayangan saya dia emang bakal keliatan cantik tapi pas ngeliat langsung emang bener2 beda rasanya. Mami, Tomomi & Rina juga ca’em. disinilah keriaan dimulai. jingkrak2 segala macem dan lautan lightstick yang warnanya udah pada ga jelas itu menambah semarak konser. entah emang semarak atau saya aja yang ngerasa rame. tapi da emang rame sih :))). di sesi MC pun mereka ngomong pake bahasa indonesia yang ternyata sambil liat contekan😆 Tomomi bilang,”enaknya soto ayam!” entah mungkin dia baru makan makanan seperti itu atau gimana. selain itu juga di lagu Doll, tomomi juga ngomong pake bahasa indonesia,”PUTAL PUTAL PUTAL!” saya gak konsen ikutan karena ketawa denger suara dia yg cempreng ditambah cadel jepangnya. anehnya pas Haruna ngomong b.indo, gak keliatan kayak orang jepang. semacam kayak orang indo aja gimana,”Senang Sekali? Senang Sekali? MANTAB!”. juga yang gak nyangka lagi pas ngeliat wajah Mami, cantiknya kayak bukan manusia. aneh gitu tapi cantik beneran. entah mungkin karena baru pertama juga liat orang yang wajahnya kayak gitu. mana dulu kan dia agak ndut tapi sekarang udah agak kurusan. beneran deh mam kamu kurusan (?). juga permainan drum Rina yang gak miss satu beat pun. meskipun eksplorasi permainan masih standar, tapi kalo udah seapik ini sih 4 jempol dari saya.

tomomi >o< PUTAL PUTAL PUTAL!

mami cantik beud daho_O

Rina kalem nan apik ngedrumnya >o<

dari tracklist yang katanya 16 track, tau2 udah encore aja. bahkan setelah konser ada yang bilang kalo tracklistnya kurang. bisa jadi karena jeda yang singkat, pilihan lagu2 yang upbeat & sesi MC yg gak lama2 juga (ya lama2 juga belom tentu penonton pada ngerti ya kan…) dan saya termasuk dari sebagian yang mengiringi kepergian mereka dari tennis indoor senayan meskipun cuma dadah2 gak jelas. ini malam yang luarbiasa dan gak akan bisa saya lupain di hidup saya…

overall, konsernya enjoyable. set panggung gak aneh2, sound bagus. meskipun sangat sangat sangat disayangkan yang hadir cuma sekitar stngah sampe tiga perempat venue. promosi yang kurang dari pihak promotor, juga pemilihan jadwal waktu konser yang weekday ditambah lagi musim ujian anak sekolah juga kemungkinan besar jadi penyebab kenapa venue ga terisi penuh. buktinya, gak ada iklan scandal konser di jakarta. satu2nya promosi cuma pas mereka manggung di dahsyat aja. dan menurut saya, promosinya gak membuahkan hasil. padahal potensi fans luar jawa yang pengen nonton menurut saya gede. juga tiket bundling meet n greet yang ngerugiin banget buat mereka yang udah beli tiket dari jauh jauh hari dan gak bisa ngupgrade (termasuk saya). agak ngenes juga pas ngeliat foto2 mereka yang berhasil meet n greet. saya jadi gak bisa ketemu Haruna ayangnya akkoohh (?). akhirnya kami pulang dengan perasaan campur aduk. udh gak jelas lah isi hati ini :))

kompak, apik n gak lipsync sepanjang perform

tapi dibalik itu semua, acara yang diisi sama mayoritas anak2 komunitas jejepangan jadi terasa homy. jadi berasa event kita sendiri. kekeluargaannya kerasa banget (atau entah saya doang yg ngerasainnya). juga para personel Scandal yang kesannya enjoy dan lepas banget bawain lagu2 mereka meskipun udah seharian beraktivitas terus manggung malemnya. respect banget buat mereka yang udah total ngehibur dan apik dalam ngebawain karya2 mereka. mudah2an kesini lagi ya sayang :”> (?)

kamu jangan cantik2 amat dong ntar saya suka gimana😦

di penghujung momen, pas saya udah di drop dari rombongan dan jalan untuk ngambil motor sambil dengerin musik, keputer lagu Scandal – Switch. dan tanpa peringatan terlebih dahulu tiba2 pipi saya basah. serius. saya juga gak ngerti kenapa saya nangis. antara kangen atmosfir barusan, antara nyadar juga kalo sedeket apapun tadi kita tetep hidup di dunia yg beda, antara khayalan2 yg dulu saya bayangin seandainya liat mereka langsung, dan antara semua yang terjadi hari ini.  4 hari kedepannya, saya gak bisa bedain mana khayalan dan mana kenyataan. serius.

Picture taken from : marygops, irockumentary, jpopasia, jame, rudolfmaurits

3 comments

  1. itaita · April 2, 2013

    ulasannya keren, tapi mau nanya deh, PUTAL itu apa? *beneran gak tau*

    • Diffa Imajid · April 3, 2013

      itu sebenernya dia nyuruh muter2 anduk. kan harusnya putar putar tapi karena dia cadel malah jadi putal putal😆

      • itaita · April 3, 2013

        yahaha… begitu toh maksudnya… PUTAL !!😆

Leave a Reply

