Selamat Ulang Tahun

“mending, kita sampai disini aja. saya gak ada alasan apa-apa. cuma ingin berhenti dari semua ini.”

mungkin tidak bisa dibilang adu mulut. karena apa yang kita bicarakan setelah kalimat itu bukan tentang pertengkaran. dia yang tidak bisa terima dengan semuanya, memaksa aku mengucapkan kalimat selanjutnya, yang sebetulnya tidak sampai hati, tidak sanggup, tidak tega aku mengatakannya padanya.

“saya gak mau menjalani hubungan dengan cewek sok suci padahal bekas dipake orang”

basah. wajah dan baju ini akibat siraman minuman. juga kata-kata terakhir yang meluncur dari mulutnya, juga sembab matanya. dia tak ingin melihatku lagi, selamanya. langkah-langkahnya bersama angin malam meninggalkan kafe tempat aku memutuskan membunuh perasaanku sendiri. tenggorokanku yang kering membuatku menghabiskan minuman di gelas pesananku. pandanganku buram dan rasa minumanku menjadi sedikit asin. ya, ini yang terbaik.

di penghujung malam, ingatanku melayang kembali ke 3 hari yang lalu. malam ulang tahunnya. di sanggar tempatnya berlatih, dengan beberapa temanku yang sudah siap dengan kembang api dan aku yang berpakaian dan riasan seperti badut, memegang kue, kupikir ini akan menjadi malam yang membahagiakan. tapi nyatanya tidak. setelah lampu yang kunyalakan menyadarkanku bahwa yang datang malam itu adalah ibunya…

“saya sudah menjodohkannya dengan anak teman ayahnya. kalo semuanya lancar, beberapa bulan lagi mereka akan menikah dan pindah ke Amerika…”

“begini nak, ibu hanya menginginkan yang terbaik untuk anak ibu. kalo sama kamu, dia gak akan punya masa depan. kalo kamu benar-benar mencintainya, kamu harus merelakannya…”

bersamaan kepulangan ibunya dan teman-temanku, udara disekitarku serasa menghimpit paru-paru. pandanganku kosong. menyusul riasanku yang pudar karena air yang aku tak tahu darimana asalnya. jika ini adalah sebuah film, maka aku akan menentang segala keputusan dan kemudian berjuang mendapatkan dia yang kucintai. tapi di dunia nyata, semuanya hanya terasa seperti bualan. seperti kostum bodoh yang aku kenakan saat ini, apapun yang kulakukan tidak ada gunanya.

bahkan, ucapan selamat ulang tahun untuknya pun tak tersampaikan…

4 comments

  1. mew da vinci · December 18, 2012

    gambarnya bagus.. dan happy birthday..

    • Diffa Imajid · December 19, 2012

      bagus, soalnya lukisan Vincent Van Gogh.
      terima kasih😀

  2. Ilham · December 20, 2012

    iya lukisannya bagus. ini fiksi atau berdasarkan kisah nyata nih?😛

Leave a Reply

