NANOWRIMO

National Novel Writing Month. begitu katanya. kemudian saya diberi link KESINI

Long story short, intinya pada bulan november, kita ditargetkan untuk menulis novel. atau sesuatu yang sama dengan 50ribu kata. ditargetkan sama siapa?  nah, saya pun dapat informasi ini dari seorang teman yang aktif di forum2 roleplay. katanya banyak anggotanya yang ikutan project nanowrimo ini. dia tertarik dan kemudian ngajak saya karena saya sering nulis (meskipun yang saya tulis cuma tulisan aneh2…) dan setelah dikasih tahu begitupun, saya masih bingung…

berikut ini sepenggal percakapan saya dengan teman :

A: target 50k words

A: minimal 15k

A: kalau ikutan, jadinya saya mau minta. Mau ngumpulin sebundelan tulisan-tulisan orang

Saya: in english?

A: Nggak, bebas kok

Saya: wah?

A: temen-temendi NW juga ikutan. Dan mereka bikin Indo kok. Situsnya cuma wadah nampung doang

Saya: ada syarat2 teknis karyanya ga? ada linknya?

A: nggak, coba kamu regis aja dulu di situ. Nanti ada petunjuk-petunjuk. Novel yang mau kamu bikin itu bebas kok.

Saya: nah ini udah login

Saya: terus sy harus ngapain?

A: ngedraft2 dulu boleh, ntar tanggal 1 November langsung buat novel di situsnya

A: dan mulai nulis

Saya: pokonya sampe 50ribu kata gitu?

A: yup, atau mau lebih juga terserah. Sebulan beres

Saya: terus misalnya udah beres nih. kan saya submit

Saya: udah gitu ngapain?

A: kalau nggak salah, bakal ke-publish novelnya keluar. Saya juga masih bingung kalau udah beres. Tapi yaa bisa dijadiin sharing sama temen-temen sih

Saya: sharing dimana?

A: nggak, misalnya ada temen kamu yang juga join, kamu bisa liat-liat punya temen kamu. Terus yang kamu bisa diliat juga sama mereka. Gitu sih, setidaknya kamu udah pernah nulis novel. Tahun depan juga diadain lagi.. Dan kalau tiap tahun kamu ikut, makin banyak novel yang udah kamu buat. Mungkin bisa diajuin ke penerbit #ngarang

Saya: ooo
demi alasan keamanan saya ganti nama teman saya dengan huruf A. dia tidak saya kasih tahu. biarin ah (?)

so that’s that. dia nawarin saya ttg beginian padahal saya gak pernah menulis cerita sama sekali. ya mungkin ada 1 atau 2 posting saya di blog ini yang mirip cerita. tapi sebetulnya basisnya puisi yang disederhanakan perbendaharaan dan penempatan katanya saja. dan lagipula saya tidak pandai membuat satu plot.

but this is my chance. saya gak pernah set the bar as high as now untuk diri saya sendiri. saya anggap project ini sebagai metode untuk mengembangkan apa yang saya miliki. dan saya berencana untuk menyelesaikan 1 tulisan 50ribu kata di akhir november. kalimat ini yg akan jadi cambuk saya. i’ll try to make a good story.

ciyus amat dip…

eh iya, yg minat silahkan ikutan. dan mungkin kita bisa sharing2 nantinya.

2 comments

  1. Intan Rasyid · October 27, 2012

    Kemarin juga dapet info itu dari twit temen, tapi langsung tutup karena kirain mesti english –“

    • Diffa Imajid · October 27, 2012

      sebetulnya itu cuma wadah aja kak. cuma kalo target pembacanya dari luar ya musti enggress bahasanya😀

Leave a Reply

