Some Neofolk Songs

Neofolk is a form of folk music-inspired experimental music that emerged from post-industrial music circles.
Neofolk can either be solely acoustic folk music or a blend of acoustic folk instrumentation aided by varieties of accompanying sounds such as pianos, strings and elements of industrial music and experimental music.  The genre encompasses a wide assortment of themes. Neofolk musicians often have ties to other genres such as neoclassical and martial industrial. (Wikipedia)

Hola amigos. pada saat menulis ini saya sedang diambang batas kesadaran saya. luar biasa kantuk menyerang saya kini. tapi saya tidak bisa tidur. selain karena saya sedang berada di kantor, di sebelah kanan saya sedang ada perbaikan kabel telepon. ah betul-betul ini menguji alam sadar saya.

saya senang dengan musik neofolk. terutama yang mengandung unsur musik indonesia. terutama terutamanya lagi yang mengandung unsur musik sunda. misalnya saja penggunaan nada pentatonis, penggunaan instrumen seperti kacapi suling atau juga aransemen yang diarahkan lebih ke nuansa kedaerahan namun memakai instrumen konvensional. seperti apa contohnya? berikut saya share beberapa lagu yang sering saya dengarkan.

Katjie & Piering – Zsa Zsa Zsu ( Rock N Roll Mafia Cover)

hasil gubahan duo ciamik ayayay sikelinci (Baby Eats Crackers) dan sigit Pramudita (Tigapagi) seakan membawa saya melayang ke tanah sunda. padahal saya sedang di tanah sunda. jadi bagaimana ini? ah pokoknya lagu ini nikmat didengarkan di sore atau malam hari.

Ariel,Uki,Lukman,Reza,David – Sahabat feat Karinding Attack

kalau yang ini lagunya bernuansa kerajaan dan agak sedikit mistis dikarenakan penggunaan karinding serta berbagai instrumen musik daerah sunda lainnya. di konser Tanpa Nama kemarin lagu ini dipertunjukan, ada bau kemenyan dan ucapan memanjatkan doa dengan nuansa Sunda kuno pada bagian intro. bisa dibayangkan?

Deugalih & Folks – Earth

lagu ini apabila didengarkan sekilas, terdapat nuansa folk eropa (pada bagian awal terdapat instrumen seruling). perpaduan yang baik antara folk dengan slow rock ditengah-tengahnya. klimaks lagu yang bagus dan ending yang seakan mengalir.

The Trees & The Wild – Kata

mungkin untuk band satu ini, nuansa folk lebih terasa pada lagu our roots (ada bagian nyinden) dan juga lagu malino. tapi lagu favorit saya adalah lagu ini. seringkali saya dengarkan pada saat mengakhiri hari di peraduan (baca : molor).

silahkan dicoba dan selamat menikmati guys.

Leave a Reply

