Noa – Lentera [Bedah lagu]

Holla amigos…

Pada kesempatan kali ini saya akan mereview lagu yang dijadikan single oleh salah satu band indie yang berasal dari kota Bandung yaitu :

NOA.

We are an indie pop band genre in Bandung, Indonesia. Formed since December 2011. High delay and xylophone. Oki (vokal,xylophone), Tendi (guitar), Riski (drum), Megi (bass), Rinaldi (guitar)

bisa dilihat pada gambar diatas wajah-wajah para personilnya hampir tidak terlihat karena tertutup ilalang dan kertas warna warni. tapi bukan itu yang ingin saya bahas disini. saya akan membahas 1 lagu mereka yang berjudul Lentera.

band ini mengusung aliran indie-pop yang jika saya perhatikan  memiliki kemiripan unsur musikal dengan band band seperti Jodi In The Morning Glory Parade, 1900 Yesterday, Lovely Tea, Cascade, dan penggunaan ambience. namun daripada gloomy, mereka lebih menekankan pembawaan musik yang bernuansa ceria.

pada awal lagu, dibuka dengan intro gitar ditambah suara kicau burung serta suara xylophone yang membawa kita pada nuansa pagi hari atau di taman. masuklah vokal dengan suara yang dibuat sehalus mungkin seolah-olah tidak menggunakan tenaga agar sesuai dengan nuansa lagu. untuk bagian intro dan awal lagu ini menurut saya bagus karena tanpa basa-basi, langsung membawa pendengar pada nuansa yang  diinginkan.

setelah intro dan awal lagu selesai, sepersekian detik, mulai hentakan drum dan rapid xylophone menghiasi lagu yang berubah menjadi upbeat. vokal disini juga dibuat dengan nada-nada tinggi serta perpaduan suara 1 dan suara 2. sampai disini, menurut saya ini adalah salah satu lagu unik yang pernah saya dengar. terdapat  unsur progresif saat perubahan awal lagu yang slow menjadi bertempo cepat.

di akhir lagu, lagu menjadi slow, lalu menjadi upbeat kembali. dan kemudian selesai.

Overall, untuk seukuran band Indie-pop, lagu ini sudah sangat layak untuk menembus pasar indie. penggunaan instrumen yang dimasukan ke dalam lagu ini pun cukup kaya. satu saran dari saya, pada bagian akhir, nuansa megah serta semangat ceria bisa lebih diperkaya lagi dengan penambahan Riff atau sampling sound. bisa menggunakan gema gema atau yang lainnya.

*Ini band teman saya. Tendi Ahmad dan Rinaldi Ikhram adalah teman semasa SMP. sekarang Tendi di Widyatama dan Rinaldi di Unpad. untuk kalian, sukses terus ya dalam bermusik. kalo ada kesempatan, nanti saya nyusul. hahaha😆

3 comments

  1. mew da vinci · July 18, 2012

    akan semakin menarik kalau disertai sample😛

    • diffaimajid · July 19, 2012

      Edited. sudah saya sertakan lagunya di postingan. selamat mendengarkan😀

      • mew da vinci · July 19, 2012

        ambiencenya bagus hahaha..
        tetap bisa dinikmati walau bukan selera saya..😀

Leave a Reply

