Bercak

dia adalah seorang lelaki yang pulang membawa kegetiran. tertinggalkan tempo lagu yang ia perdengarkan ke telinganya sejak tadi. gelap sudah menjadi sahabat sejak lama.dia bercengkrama dengan kesendirian. meskipun kadang dia berandai bila saja disini sedikit ramai, dengan hingar kendaraan, dengan racau orang, gerutu, sesak, cengkram dia pada pembatas jalan. dia sudah ada di tengah jalan, berbaring menunggu kontainer itu menghampirinya, menjemput pada keramaian yang ia inginkan.

terang dia lihat, ke atas, dongak kepalanya silau saat mata memandang. dia senang. dikelilingi orang yang setidaknya menemaninya sampi fajar nanti. meskipun tak mengerti apa yang mereka utarakan. dia senang, teman yang ia punya kini tidak hanya gelap dan kesendirian. kini ada racau orang dan silau di atas kepalanya. seseorang tersenyum ke arahnya. seakan mengisyaratkan menghitung waktunya…

ruang putih yang cukup ditempati setidaknya sampai penuh dengan orang-orang yang bisa dijadikan temannya kala itu. dia ingin membuat keramaian di tempat itu, ingin dia menyapa semuanya yang menghadiri resepsi pertemanan yang ia buat. seiring semangatnya menggebu, ia berteriak. meski yang keluar hanya suara erangan parau, itu sudah cukup baginya. meski bersamaan dengan itu, simbah darah pakaiannya kian pekat. bercak darah di telapak tangannya. tak apa. dia senang.

namun dia terhenyak, gaduh yang ia dengar makin pelan, senyap dia rasa. yang bisa dia dengarkan hanya suara orang yg menghitung waktu memanggilnya. entah apakah dia akan menjadi temannya atau tidak. meski jabat dan tarikan tangannya membuat pria itu berjalan mengikutinya. kemana akan dibawanya?

“waktumu telah habis.”, seraya tatap dan senyum simpul mengandung juta makna. pria itu kemudian tahu, gelap, kesendirian yang dia tinggalkan akan menghampirinya lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s