Saya dan Aku

selamat malam untuk aku. ini saya.

saya merasa sudah lama sekali saya tidak menyapa aku. apabila diingat2, mungkin baru 3 kali saat saya menyengaja untuk mendatangi aku untuk berbincang2. sekedar menikmati teh hangat sambil bercengkrama di tengah malam. mungkin ditemani roti kukus berisikan selai kiwi atau durian atau mungkin parutan keju. aku menyukainya. begitu pula saya.

dalam beberapa kali perbincangan dengan aku, saya menyadari bahwa saya dan aku meskipun memiliki banyak kesamaan, ternyata adalah individu yang bertolak belakang. saya lebih bersikap analis, realistis, skeptis dan pesimis namun tetap kritis terhadap situasi.

sedangkan aku….

refleks, yang saya ceritakan pertama kali kepadanya adalah ttg analisis masalah yang sedang saya kerjakan. ya, meskipun saya saya ceritakan semua masalah saya yang mungkin akan menimpa dia, tetap tersenyum dia sambil menyeruput teh hangat. dia hanya tersenyum dan diam saja mendengarkan saya mengoceh. bukan mengoceh tepatnya. mungkin lebih mirip seperti seorang pengacara yang menjelaskan ini itu perkara apapunlah itu wujudnya. ya, dia cuma tersenyum.

kemudian aku bercerita. nonsens sekali. bagaimana aku tetap percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja, atau bercerita tentang ketidaksukaannya terhadap kontak fisik baik dengan makhluk ataupun benda. sesekali dia berkata, bahwa saya tidak akan mengerti. ya, saya memang tidak pernah mengerti aku. saya menunggu giliran saya bicara kembali sambil mengunyah roti hangat. ini enak…

tapi saya urungkan niat untuk kembali berbincang. ini sudah pukul 1 malam. saya tidak bisa bangun pagi sejak 6 bulan terakhir ini. sedangkan aku, dia tidak peduli lagi apakah dia terbangun atau tidak. apakah dia akan menghabiskan malam abadi di beranda rumah saya. sambil sesekali bercerita tentang betapa miripnya saya dan aku.

nonsens. saya dan aku berbeda…

3 comments

  1. Intan Rasyid · April 4, 2012

    keren idenya🙂

Leave a Reply

