Kendaraan Bermodol

Selamat sore.
saya membayangkan kalian yang membaca postingan ini sedang duduk tenang ditemani secangkir minuman hangat entah teh atau kopi atau apapun. mungkin sedikit makanan ringan dan juga selimut untuk menghangatkan badan di hari sehujan ini. ya, disini sedang hujan. siapa yang suka aroma hujan? somewhat relaxing eh?

kali ini saya mau posting tentang masalah kenaikan BBM. ini murni bukan pemikiran saya, tapi datang dari beberapa komentar pada status teman saya di FB. teman dunia maya tepatnya. karena pada kenyataannya saya tidak kenal. belum kenal maksudnya. karena bisa saja saya atau dia memperkenalkan diri sehingga kita jadi kenal. berikut adalah komentar seseorang yang saya lupa namanya siapa. kalo kalian adalah orang yang mengeluarkan komentar ini, beritahu saya agar saya bisa cantumkan namanya disini.

Wkwkwkw ikut komen, mau naik atau tidak pertamina tetap untung, mau subsidi atau tidak pertamina tetap untung yang rugi adalah negara yg menanggung semua biaya kekurangannya atau subsidinya. Bukan pertamina yg salah karena harga BBM naik tapi negara yg mengatur, pertamina menjual sesuai dengan harga minyak dunia. Monopoli saya rasa tidak, sudah banyak pom bensin asing di indonesia. tinggal pilih mau yang mana. Saya tdk terlalu mengerti tentang BBM naik yg saya tahu hanya mencari minyaknya. Hehehehe sory mun ngawur comentnya.

– Sayangnya walaupun pertamina milik bangsa tapi blom menjadi anak emas, lihat saja lapangan2 minyak besar di indonesia dikuasai asing, pemerintah tidak memberikan kesempatan pertamina untuk mengelola. Lagi2 bener komen diatas sytem yang ada seperti ini.

– Yg makan tulang kawan itu bukan pertamina, tapi partai pemerintah yg kalian pilih yg membuat kebijakan. Sekali lgi pertamina hany menjual minyak sesuai harga yg disepakati dunia.

– Iran dan venezuela juga pake harga dunia atuh om, kalo ngak kekacauan pasokan energi dunia. Iran dan venezuela perusahaan oilnya di nasionalisasi oleh mereka dan cadangan minyak mereka menpengaruhi pasokan energi dunia. Sayangnya cadangan minyak kita dan produksi kita tidak sebesar mereka.

– gak nyalahin pertamina sih…
memang harusnya semua kekayaan alam yg ada dikelola oleh negara secara benar dan transparan dan hasilnya adalah untuk rakyat dengan harga yang harusnya terjangkau..
tp yg saya tanyakan diatas apakah dengan harga BBM naik maka pertamina semakin untung?

– Informasi di Link yg di tag itu pertamina untung karena harga minyak dunia naik walaupun produksinya sebenarnya menurun, jd pertamina terselamatkan oleh harga minyak dunia yg naik. Jika BBM did?lam negeri ini naik untungnya bukan untuk pertamina. Tapi untuk negara untuk menutupi APBN negara kita yg defisit. Artinya bangsa bisa semakin rugi lagi kalo BBM g naik. Pertamina mah ngak ada kaitannya dengan harga BBM yg naik. Hanya karena SPBU pertamina dimana2 maka ikon BBM melekat pada pertamina.

– Ni aku cerita dikit biar paham. Pertamina share minyak dengan negara 40-60% kalo tidak salah tolong dicek kl salah. Bagian didapat pertamina 40% sebagai pelaku usaha, dan indonesia mendapat 60% sebagai yg punya kekayaan alamnya. Bagian yg 60% terserah pemerintah mau diapakan untuk subsidi atau menjual ke negara lain. Pertamina pun bgtu 40% nya terserah pertamina mau dijual kepada siapa sesuai dengan harga minyak yg berlaku didunia, harga kopi ajah mengikuti dunia apalagi harga minyak komoditi paling krusial.

Mata saya terbuka oleh sesuatu yang tidak saya duga asalnya. sama seperti dia. ya, sekali lagi, kalimat ini ambigu…

2 comments

  1. Intan Rasyid · April 4, 2012

    saya bacanya hanya ditemani air putih kok😀

    • diffaimajid · April 4, 2012

      ah tidak apa2. air putih pun sudah cukup #eh

Leave a Reply

