Basa Basi

selamat malam. meskipun kalian yang membaca tulisan ini entah kapan, tapi tetap saya ucapkan selamat malam. kenapa? ya, karena memang seperti itu. kalau saya ucapkan selamat pagi, berarti harus semangat membacanya. kalau saya ucapkan selamat siang, berarti anda sedang jengah dan lelah akibat aktivitas atau mungkin terbakar sinar dari luar angkasa. matahari maksud saya.

malam identik dengan akhir hari, saat tubuh berada di peraduan, merenggang, menguap, menyublim (?). saya ingin anda semua membaca ini sambil santai. ya, santai. anggap saja cerita pengantar tidur. meski pada kenyataannya ini bukanlah cerita. cuma…..basa-basi.

saya punya kebiasaan aneh, menurut orang lain. tapi menurut saya pribadi ini tidak aneh. tapi kalau dibilang menganggu memang iya. saat saya lelah, bayangkan saat anda selesai lari marathon, atau mungkin setelah main futsal dimana tidak ada yang bisa menggantikan anda dan sewa lapang ditambah 1 jam lagi setelah 1 jam anda bermain, atau mungkin setelah memacul sawah seluas 700 tumbak. ini cuma misalnya. mana mau saya macul sawah seluas itu. bunuh diri….

bayangkan saat anda selelah itu. apa yang anda lakukan? istirahat? tidur nyenyak? ya, memang seperti itu lazimnya. tapi untuk saya, semakin lelah, maka saya akan semakin terjaga. kok bisa? bisa lah. saya buktinya *ting. kamu kok aneh? kok gitu? kok bisa? kenapa? ya, itu sekelumit pertanyaan yang dilayangkan pada saya dan saya sendiri sebetulnya tidak bisa menjawab. mungkin saya akan menjawab, kebiasaan. atau mungkin, sugesti. atau mungkin, faktor biologis. mungkin saja….

tapi tetap saya syukuri. kenapa? ya apalagi sih nikmat yang mau saya dustakan. meskipun pada esok harinya badan saya seperti remuk dan tulang rusuk saya tertukar. bukan, maksudnya bukan menyamakan dengan judul sinetron. pernah suatu hari saking lelahnya saya sehabis pembinaan fisik dan mental yang mengharuskan saya bersama 1 angkatan sekolah saya untuk cross country menjelajah leuweung (hutan) di gunung dengan berjalan kaki, malam harinya, saya tidak tidur. bukan karena saya superman yang kuat hingga tidak butuh tidur. tapi saya tidak bisa. sugesti mungkin. suhesti….

akhir-akhir ini saya sering tidur malam. mungkin bukan akhir2 ini saja. sekitar stngah tahun sudah saya begadang. tentu saja seiring begadang, seiring pula kondisi fisik menurun. ditambah kesibukan padat di waktu kerja membuat waktu istirahat saya jadi berkurang. tapi sebetulnya sih tidak berkurang. hanya saya saja ingin tidur malam. kenapa? salah satunya adalah untuk menulis postingan ini.

celakanya, otak dan fisik saya berbanding terbalik di malam hari. malam hari, semakin lemah fisik saya, semakin brilian pemikiran saya. hanya saja, karena terlalu lelah saya jadi tidak bisa mengeluarkan kebrilianan saya. ya, mungkin kelihatan seperti mengada-ngada tapi beginilah adanya. jadi makhluk setengah nokturnal memang tidak mudah.

ah…..racauan macam apa yang saya tulis barusan. setelah mereview paragraf2 diatas, saya urungkan untuk menghapusnya. karena setelah dipikir-pikir, maksudnya sudah sesuai judul. basa-basi.

satu yang basa, satu yang basi. karena basa menjadi basi. saya memang basi orangnya. mungkin dia juga berpendapat seperti itu….

2 comments

  1. Intan Rasyid · March 27, 2012

    aah.. ini tulisan basa basi ternyata
    sudah basi juga saya bacanya😀
    #dijitak😛

    • diffaimajid · March 27, 2012

      tulisan ini memang sudah basi sejak awal diterbitkan. jadi tidak apa2😀

Leave a Reply

