Bahasa Kalbu [Part 2]

postingan ini adalah lanjutan dari part 1 yang bisa dilihat di SINI.

saat saya menulis ini, saya sedang mendengarkan lagu The Script – The Man who Can’t be Moved. Karena saya sedang sedih. Ambigu memang kesedihan saya ini.

Akibat disaat saya sedang nonton TV, dimana saya menontonnya mungkin bisa kurang dari 10 jam / minggu, dan kebetulan sedang menonton talkshownya tukul arwana. kenapa saya nonton talkshownya tukul arwana? karena bintang tamunya adalah salah satu artis idola saya. bukan idola. tepatnya apa ya…ya anggap saja saya suka sekali, Efranda Stevanus, dan kemudian bapak saya dengan santainya mengambil remot TV dan memindahkan channel. dan saya pun dengan santai kembali ke PC.  wong tinggal browsing di internet saja foto atau video atau stalking  timeline juga bisa kan?
tapi tetap saja sedih.

kenapa jadi menyambung ke Franda? biarlah. karena saya suka. mari kita kembali ke  bahasan utama.

4. Sanguan! Tambul! Kuahan!

arti secara bahasa : Sanguan adalah menambahkan nasi pada makanan. Tambul adalah memakan lauk tanpa nasi. Kuahan adalah menambahkan kuah pada makanan. entah kuah sop, soto atau apapun sesuai selera.

arti secara makna : Sanguan, Tambul, Kuahan adalah tahapan penggambaran luapan emosi. seperti ingin menghajar sesuatu.

SANGUAN! mungkin itu yang akan saya ucapkan apabila mendengar cerita orang ttg seseorang yang menyebalkan, atau suka menikam teman dari belakang, orang bejat, orang yang membuat saya marah atau kesal. atau mungkin orang yang dinasehati tapi tetap saja bawel dan bangkang. apapula itu bangkang…

penggunaannya kira-kira seperti ini :

A : lur, si eta mah porenges euy geningan jelemana.
B : geus ulah asa-asa. SANGUAN! TAMBUL sakalian ai edek mah lah.
A : Dikuahan oge sakalian lah ku urang ameh polll

artinya kira-kira :

A : bro, dia belagu banget jadi orang bro
B : tunggu apa lagi lah. NASIIN! TAMBUL kalo perlu lah
A : gw kasih kuah sekalian biar polll

mungkin kurang akurat tapi ya…seperti itulah. dan kadang-kadang penggunaanya bisa sekenannya saja. misalnya saat ada yang ngetweet, “duh cape banget hari ini”, bisa di RT dengan menambahkan kata SANGUAN. dan entah itu akan bermakna seperti apa….

5. Singkatan tidak efektif.

teori ini adalah teori revolusioner yang kami temukan saat pemantapan di ruangan bahasa indonesia tahun lalu. coretan di tembok yang terbilang cukup besar, dan berhasil membuat kami sekelas (saya dan teman-teman saya) jadi tidak bisa konsentrasi melihat tulisan tentang singkatan-singkatan. berikut saya berikan contohnya

– Ngopdul  (Ngopi Dulu) -> Ngopdul Dulu / Ngopi Ngopdul
– Alay (Anak Layangan / Lebay) -> Anak Alay
– Hansip (Pertahanan Sipil) -> Pertahanan Hansip / Hansip Sipil
– Buryam (Bubur Ayam) -> Bubur Buryam
– Longkar  (Lontong kari) -> lontong longkar / longkar kari

entah siapa yang membuat ini semua. alhasil selama 1 jam penuh tidak ada ilmu yang bisa diserap selama pemantapan berlangsung. kecuali teori ini.

6. Klasik Rock

Arti secara bahasa : aliran musik rock yang klasik. 60 to 80’s maybe?

Arti secara makna : Keren. atau sarkasmenya.

Istilah ini saya gunakan saat jaman SMP. saat saya masih suka nongkrong di rental PS. saat  itu disana saat ada sesuatu yang keren, akan dibilang klasik rock. saat penampilan saya lebih rapih atau lebih keren dari biasanya, akan dibilang, penampilan yang sangat klasik rock. atau bisa sebaliknya. saat ada sesuatu yang menggelikan, konyol atau dibawah rata-rata standar apapun itu, maka akan dibilang klasik rock juga.

entahlah. masa lalu saya memang absurd.

that’s all for the second part. akan saya teruskan kalo saya ingat untuk menulis  dan ingat istilah-istilahnya. Sungguh betapa pentingnya postingan ini bagi kelangsungan umat manusia…..

Leave a Reply

